Tuesday, January 31, 2017

Pengertian DNS dan Fungsinya

DNS, istilah, atau tepatnya singkatan yang begitu sering kita dengar terutama bagi anda para webmaster. Anda tentu sering mendengar istilah ini. Namun bagi anda yang baru saja mengenal dunia webmaster, apalagi anda yang baru mengenal internet, anda mungkin kebingungan dan bertanya-tanya apa itu DNS?
Bagi anda yang masih belum mengerti istilah DNS, maka dalam postingan ini anda akan belajar mengenal apa itu DNS, apa fungsinya, dan banyak lagi penjelasan lainnya. Jadi baca terus artikel ini untuk lebih mengenal DNS.

Apa itu DNS

Jadi, anda sering mengakses situs di internet. Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, Anda berinteraksi dengan database (baca juga: Apa itu database) terdistribusi terbesar di dunia. Nah, database besar ini secara kolektif dikenal juga sebagai DNS, yang merupakan singkatan dari “Domain Name System”. Tanpa DNS, tidak akan ada yang namanya internet seperti yang kita kenal selama ini. Dengan adanya DNS inilah anda bisa melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan internet menjadi lancar.
Namun bagi orang yang awam dengan internet, mereka biasanya tidak akan mengenal istilah DNS sampai tiba suatu waktu dimana mereka melihat pesan kesalahan saat mencoba mengunjungi situs web, namun gagal terhubung ke situs yang dituju.
Jadi, bagi anda yang penasaran dengan DNS, pelajari lebih lanjut mengenai apa itu DNS, bagaimana cara kerjanya dan mengapa DNS bisa begitu penting bagi kita yang ingin mengakses internet.

Alamat IP dan Nama Domain

Kita tidak akan bisa lanjut ke pembahasan DNS tanpa mengenal apa itu IP dan nama domain. Jadi, untuk memahami apa itu DNS dan bagaimana kerjanya, Anda perlu memahami dasar-dasar tentang IP Address (Alamat IP) dan nama domain.
Alamat IP (Internet Protocol), adalah rangkaian angka yang bertindak sebagai pengidentifikasi biner untuk perangkat di Internet. Singkatnya, alamat IP adalah alamat komputer / server dan perangkat lain yang digunakan untuk mengidentifikasi satu sama lain secara online. Sebagian besar alamat IP diatur ke dalam empat set angka – yaitu, 12.34.56.78.
Sedangkan nama domain adalah informasi yang Anda masukkan ke address bar di web browser untuk membuka situs web tertentu. Saat Anda mengetikkan URL seperti www.mendetail.com ke web browser, maka nama domain adalah mendetail.com. Pada dasarnya, nama domain adalah versi yang lebih mudah di ingat dari alamat IP.
Agar lebih mudah dimengerti, Alamat IP itu bisa di ibaratkan sebagai nomor ponsel, sangat sulit untuk di ingat. Okelah kita bisa mengingat satu atau dua nomor telepon seperti nomor telepon kita sendiri, dan nomor telepon orang tua. Tapi bagaimana dengan ratusan atau bahkan ribuan nomor telepon teman kita? Sementara nama domain, bisa diibaratkan sebagai “nama manusia”. Untuk mengingat nama manusia, seperti “Ryan”, “Anto”, “Jokowi”, atau “Budi” misalnya, tak butuh waktu lama untuk mengingatnya. Jadi untuk itulah nama domain digunakan, agar lebih mudah di ingat. Bisa dibilang, dengan mengetikkan nama domain di browser, itu sama saja kita mengetikkan Alamat IP di browser. “Nama domain adalah ‘topeng’ bagi alamat IP.”
Jadi, dengan nama domain yang mudah diingat, ini membuat orang lebih mudah untuk mengingat dan lebih mudah mengaksesnya secara online. Jika orang harus mengingat alamat IP yang kompleks untuk membuka situs web di internet, akan sangat sulit. Bahkan mungkin kita akan membutuhkan buku internet berisi alamat IP situs-situs tertentu, seperti kita membutuhkan buku telepon berisi nomor telpon teman-teman kita.

Menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP

Meskipun bisa saja kita memasukkan alamat IP ke web browser untuk mengakses situs web, namun jauh lebih mudah memasukkan nama domainnya bukan?
Hanya saja, komputer, server dan perangkat lain tidak bisa membuat kepala atau ekor dari nama domain – karena mengandalkan pengidentifikasi biner. Maka DNS lah yang bertugas untuk mengambil nama domain dan menerjemahkannya menjadi alamat IP yang memungkinkan mesin untuk berkomunikasi satu sama lain. Setiap nama domain memiliki setidaknya satu alamat IP yang terkait dengannya.

Top Level Domain, Server Root dan Resolver

DNS adalah database yang luar biasa!

Meskipun tidak melakukan pekerjaannya sendiri. Ada yang disebut sebagai Top Level Domain (TLD) dan root server yang melakukan banyak pekerjaan untuk membantu fungsi DNS diatas. Sebuah TLD mengacu pada bagian dari nama domain yang datang setelah periode tersebut. Misalnya, TLD dari Mendetail.com adalah .COM. Namun bukan hanya .com saja, ada sejumlah TLD yang terus berkembang, seperti .com, .edu dan .org. Yang baru-baru ini ditambahkan oleh ICANN adalah .asia, .xxx, .tips, dan sebagainya.
Komputer khusus yang disebut root server menyimpan alamat IP dari setiap pendaftar TLD ini. Oleh karena itu, pemberhentian pertama yang DNS buat saat memutuskan, atau menerjemahkan nama domain ada di root server yang terkait. Dari sana, nama domain yang diminta dikirim bersama dengan Domain Name Resolver, atau DNR. Domain Name Resolver, atau resolvers, terletak di dalam Internet Service Provider (ISP) dan organisasi. Mereka menanggapi permintaan dari root server untuk menemukan alamat IP yang diperlukan. Karena root server sudah mengakui .com, .edu atau bagian lain dari TLD, itu hanya memiliki untuk menyelesaikan sisa permintaan. Biasanya ini dilakukan langsung, dan informasi tersebut diteruskan ke PC pengguna.

DNS: Penuh dengan Database Terdistribusi

Jutaan orang melakukan perubahan DNS setiap hari, melalui pendaftaran nama domain baru, perubahan alamat IP dan permintaan lainnya. Struktur unik DNS, meskipun, semuanya lurus. Duplikasi nama domain tidak bisa ada di dalam domain, tetapi bisa eksis di antara mereka – misalnya, mendetail.com dan mendetail.gov bisa berada di dua lokasi terpisah secara online.
Namun karena DNS memiliki sifat yang sangat terorganisir dan efisien, DNS akan memastikan kita tidak tiba di dua situs yang berbeda setiap kali Anda memasukkan nama domain. Bila Anda memasukkan nama domain, alamat IP-nya akan diselesaikan dan Anda akan selalu tiba di situs yang sama. Tanpa DNS, Internet tidak akan berguna, tidak praktis dan tida semenyenangkan ini.

No comments:

Post a Comment