Tuesday, January 31, 2017

Windows 10 Cloud: Versi Baru Windows yang Lebih Simple, Murah, dan juga Ringan


Microsoft saat ini tengah sibuk mengembangkan versi baru dari Windows yaitu Windows 10 Cloud. Banyak rumor yang beredar mengenainya, ada yang berspekulasi bahwa ini adalah Windows versi online, Windows versi sewa (cloud subscription Windows 365, seperti Office 365), dan sebagainya.

Lalu apa itu Windows 10 Cloud dan apa bedanya dengan Windows 10 saat ini?
Windows 10 Cloud adalah versi Windows yang sudah disederhanakan, dibuat jadi lebih simple, sehingga bisa dijual dengan harga lebih murah.
Kabarnya Microsoft merilis ini untuk berkompetisi langsung dengan Chromebook (ChromeOS) yang saat ini  sedang berusaha merebut pasar dengan menyertakan Google Play Store kedalamnya. 
Chrome OS, kamu mungkin merasa asing dengan sistem operasi yang satu ini. Tak heran, karena OS ini tak begitu populer di Indonesia. Meski begitu, bukan berarti tak ada sama sekali perangkat Chromebook di tanah air, Acer pernah meluncurkannya meski hanya ditujukan untuk pendidikan.
Di Amerika Serikat, asalnya Google, Chrome OS begitu populer disana. Chrome OS adalah sistem operasi yang penuh dengan kesederhanaan, keamanan, dan pengelolaan. Menariknya di Amerika Serikat sistem operasi ini tergolong sukses, bahkan sempat mengalahkan penjualan Mac. Keberhasilan Chromebook utamanya datang dari pasar pendidikan.
Microsoft mungkin melihat hal ini sebagai ancaman dan mencoba menghadirkan pengalaman baru di sistem operasinya untuk mengalahkan Chrome OS, dengan menghadirkan pengalaman yang luar biasa bagi pengguna dengan perangkat murah. Ini terlihat dari ditemukannya beberapa SDK Windows 10, Microsoft mengerjakan SKU baru untuk sistem operasi tersebut.
Windows 10 Cloud dikabarkan hanya bisa menjalankan aplikasi UWP saja, yaitu aplikasi yang didownload dan diinstall langsung melalui Windows Store. Mirip seperti Windows RT, tetapi tidak lagi terbatas hanya untuk perangkat ARM saja.
Windows 10 Cloud sendiri bakal memiliki 3 versi, yaitu Windows 10 Cloud OEM, Windows 10 Cloud Retail, dan Windows 10 CloudN OEM.

Tersedianya versi retail memastikan bahwa Windows 10 Cloud tidak seperti Windows 8.1 with Bing yang hanya tersedia bagi OEM saja, melainkan bisa dibeli bebas juga versi retailnya dan diinstall sendiri di PC pengguna.
Disebutkan bahwa versi cloud dari Windows 10 nantinya akan debut sekitar bulan April, dan akan diperkenalkan saat update Windows 10 Creator keluar.
Dengan versi yang lebih simple, harga yang lebih murah, namun terbatas untuk menjalankan aplikasi UWP saja, apakah kamu tertarik menggunakan Windows 10 Cloud ini?

No comments:

Post a Comment